You are here: Home BERITA Launching dan Bedah Buku " Mimpi Seorang Prajurit "

Launching dan Bedah Buku " Mimpi Seorang Prajurit "

PDFPrint

Makassar, Launching dan Bedah Buku " MIMPI SEORANG PRAJURIT " yang digelar di La Buana Cafe Makassar, 9 Oktober 2015 berjalan sukses. Launching dan Bedah Buku " MIMPI SEORANG PRAJURIT " tersebut menghadirkan  3 orang panelis masing-masing Dr.Mukhlis Sufri,M.Si. (Ekonom UMI) sebagai Panelis Pertama, Dr.Firdaus Muhammad  (Akademisi UIN Alauddin Makassar ) selaku Panelis Kedua, dan Dr.Bastian Jabir Pattara ( Akademis Universitas Bunda Mulia Jakarta ) serta penulis Rusdin Tompo dengan Moderator dari TV Celebes.

Launching dan Bedah Buku " MIMPI SEORANG PRAJURIT " Dari Swasembada Pangan Ke Ketahanan Negara " yang dipandu dari Celebes TV tersebut dihadiri pula ketua Umum DPP SPRI Heintje Mandagie, Ketua KFT Indonesia Febryan Adhitya,  Ketua dan Pengurus  SPRI Sulsel, mahasiswa dari berbagai kampus di Makassar serta undangan lainnya.

Sebagai penulis, Rusdin Tompo menjelaskan bahwa buku " Mimpi Seorang Prajurit ",Dari Swasembada Pangan Ke Ketahanan Negara " merupakan kisah nyata seorang prajurit TNI yang berupaya membantu para petani dari kelangkaan pupuk. Prajurit tersebut Kapten Cpl. Andi Undru, S.Sos. adalah penemu dan formulator pupuk Super Tani yang karyanya tersebut sudah merambah Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan Jawa, serta daerah-daerah lain Indonesia.

Dr Mukhlis Sufri M.Si. ekonom dari Universitas Muslim Indonesia selaku panelis pertama mengatakan bahwa  buku " Mimpi Seorang Prajurit " dari Ketahanan Pangan Ke Ketahanan Negara " yang mengisahkan keuletan seorang tentara  kapten Andi Undru sudah jelas bukan sekadar untaian kata meraih mimpi, namun lebih dari itu, mimpi-mimpinya sudah terbukti dengan hadirnya pupuk Super Tani, " katanya.
Diakatakannya, bahkan hasil mimpi Andi Undru ini sudah dirasakan mamfaatnya oleh rakyat dan petani Indonesia, dan yang perlu digaris bawahi, karya Andi Undru ini lahir bertepatan ketika petani Indonesia dalam keadaan sulit memperoleh pupuk. " Sehingga dari sisi ekonomi keberadaan pupuk Super Tani buah pikir dan kerja keras seorang prajurit ini sangat membantu jutaan masyarakat tani Indonesia, karena terbukti dapat mengurangi biaya produksi dan meningkatkan hasil panen petani " jelasnya.

Motivator sekaligus konsultan komunikasi dan media, Dr Bastian Jabir Pattara  Akademisi Universitas Bunda Mulia Jakarta selaku panelis kedua mengatakan, Ini yang pertama di Indonesia, seorang tentara yang mampu menciptakan sesuatu yang sangat dibutuhkan jutaan orang.  " Ada prajurit  mendapat penghargaan dengan cepat karena menyelamatkan satu jiwa tapi ironisnya ada seorang prajurit justru menyelamatkan ribuan bahkan jutaan jiwa tidak mendapat penghargaan, " demikian nada kritik Dr. Bastian Jabir Pattara.

Narasumber Dr.Firdaus Muhammad mengatakan, bahwa dikalangan Bugis nama UNDRU sudah menjadi legenda . Kata Undru diberi makna sebagai sesuatu yang memiliki nyali kuat dan sepak terjang. Seperti halnya Andi Undru yang menciptakan pupuk Super Tani, tidak mungkin membuahkan karya sebesar ini tanpa nyali dan sepak terjang yang kuat. " Orang yang memiliki nyali, disiplin, serta etos kerja yang kuat tanpa pamrih niscaya mampu meraih apa yang diimpikan, " paparnya

Firdaus Muhammad selanjutnya mengatakan, di Kabupaten Wajo nama " Undru "  terbukti melegenda seperti  mantan bupati Wajo H. Andi Undru, kemudian Andi Burhanuddin Undru yang sekarang bupati Wajo. Karena itu lanjutnya nama Kapten Andi Undru ini menambah lembaran legenda " Bukan tidak mungkin Andi Undru pencipta pupuk Super Tani ini bisa jadi Bupati," katanya disambut tepuk tangan hadirin.

Diakhir acara Launcing dan bedah buku " MIMPI SEORANG PRAJURIT " yang digelar di Lantai 3 La Buana Cafe Makassar tersebut semakin semarak ketika peserta didaulat untuk membawakan lagunya masing-masing. Bahkan seorang peserta yang sengaja datang dari Bandung membawakan sebuah lagu yang diperuntukkan untuk Andi Undru.  " Walaupun prajurit TNI  Andi Undru yang kukagumi tidak sempat hadir diacara ini, saya tetap akan menyanyikan lagu dengan judul Adinda dan tolong sampaikan salam hormatku kepada beliau, " harapnya

Berikut cuplikan Sekapur Sirih  dalam buku Mimpi Seorang Prajurit     ..................      Maka, jangan pernah gentar bermimpi. Karena, suatu saat, mimpi itu akan terwujud di depan mata kita. Bak ratna mutu manikam menghias jagad belantara Ilahi. Dalam kebesaran mimpi itu, akan muncul dan menyambar di tepian jiwa dan pikiran. Terbangun ketika mimpi itu ada di depan mata, bak peluru menembus sasaran. Dan sesungguhnya, perjalanan saya baru saja berawal. Dimulai dari sebuah mimpi.

Saya menyadari sepenuhnya bahwa sebagai anak yang dibesarkan dari keluarga sederhana, tentu saya memiliki segala keterbatasan. Tidak seperti mereka yang memiliki fasilitas hidup lengkap. Namun, kesederhanaan hidup itu ternyata membuat saya merenung lebih jauh untuk mendapatkan sesuatu: dari tidak ada menjadi ada.

Buah mimpi itu saya renungi dengan cerdas, keras, sabar, ikhlas, dan tuntas. Tak ayal, suka dan duka silih berganti. Ibarat dua sahabat yang tak terpisahkan. Dalam proses renungan 13 tahun itu, saya membidik sasaran satu demi satu. Dan saya akan terus bermimpi dan mewujudkan mimpi itu. Kata orang bijak, "Bermimpilah selagi bisa bermimpi, mumpung mimpi itu masih ada."

Mengapa? Karena hidup adalah sebuah perjalanan panjang, jika kita menggunakan setiap kesempatan dengan baik. Tapi, hidup juga dapat menjadi sangat singkat, jika kita hanya menggunakan setiap sisa hidup kita dengan sia-sia. Perjalanan hidup memang tak selamanya mudah. Banyak lika-liku kehidupan di dunia ini. Hanya saja, kita harus yakini bahwa di setiap akhir hidup kita harus bahagia. Itulah mengapa, kita terus mengejar mimpi...........................

FOTO LAINNYA DIBUKA DI SINI