You are here: Home BERITA Kompasiana : Sosok Inspirator Penemu “Pupuk Super Tani”

Kompasiana : Sosok Inspirator Penemu “Pupuk Super Tani”

PDFPrint

Ungkapan “Banyak Jalan Menuju Roma” sesungguhnya merujuk pada makna banyaknya cara untuk menggapai tujuan kita, tentunya dalam hal yang sifatnya positif. Begitu juga dalam hidup yang sesungguhnya, kita harus mempersiapkan berbagai bekal untuk kehidupan yang kita lalui.

Memperkuat pengetahuan dan skill saat kehidupan riil harus dijalani. Tuhan, telah menciptakan manusia dengan kekuatannya masing-masing untuk bertahan hidup. Tuhan telah menciptakan manusia dengan potensinya masing-masing.

Ungkapan ini sangat pantas ditujukan kepada prajurit TNI Angkatan Darat, khususnya Kapten Cpl Andi Undru yang berhasil melakukan riset dan menemukan sesuatu, yang hasilnya sangat membantu warga sekitarnya, yakni dengan terciptanya suatu produk dengan nama “Pupuk Super Tani”.

Prajurit Penemu Pupuk Super Tani

Keberhasilan prajurit TNI Angkatan Darat dari Kodam VII/Wirabuana, Kapten Cpl Andi Undru menemukan formula untuk memerangi kelangkaan pupuk di tanah air, dapat dikatakan luar biasa karena tercipta dari sosok seorang prajurit TNI AD, bukan seorang ilmuan atau peneliti. Penemuan pupuk ini pun berawal dari hal yang unik, akibat kelangkaan pupuk yang dibutuhkan para petani, dan sulitnya pupuk didapat. Di lain pihak, maraknya peredaran pupuk illegal yang tidak dapat dipertanggungjawabkan di pasaran, serta terbatasnya kemampuan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pupuk bagi petani di Sulawesi Selatatan.

Dari temuan pupuk illegal itulah, Kapten Cpl Andi Undru melakukan penelitian kandungan formula pupuk tersebut dengan dibantu sejumlah petugas dari Dinas Pertanian setempat. Berawal dari situlah, ia lalu mendalami pengetahuannya mengenai formula pupuk dan akhirnya menemukan racikan formula pupuk terbaik yang dinamakannya sebagai Pupuk Super Tani.

Di saat kelangkaan mendapatkan pupuk yang sangat dibutuhkan para petani, hadirlah sosok prajurit TNI Angkatan Darat yang sehari-harinya berdinas di Kodam VII Wirabuana, Andi Undru yang berhasil membantu para petani di daerah Sulawesi Selatan dengan temuan formula pupuk racikannya. Dapat dikatakan hadirnya seorang Andi Undru merupakan sosok inspirator yang ikut berperan aktif mengatasi kelangkaan pupuk di tanah air, khususnya di daerah Sulawesi selatan.

Keberhasilan Program Ketahanan Pangan

Program Ketahanan Pangan Nasional yang dicanangkan pemerintah, yang kini telah disahuti oleh TNI Angkatan Darat beserta seluruh jajaran Komando Kewilayahan, dengan menerjunkan para Babinsa sebagai penyuluh para petani, telah membuktikan hasil, di mana produksi pertanian di seluruh wilayah tanah air menunjukkan peningkatan secara signifikan.

Terkait keberlanjutan Program Ketahanan Pangan Nasional, terdapat sesuatu yang luar biasa dari seorang prajurit TNI Angkatan Darat yang mampu mewujudkan sebuah teknologi tepat guna yakni dengan menciptakan sebuah karya, yang memiliki legalitas lengkap yang disebut “PUPUK SUPER TANI“ dan sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan tanaman baik tanaman jangka pendek (musiman) maupun tanaman jangka panjang.

Berbagai keunggulan dan keuntungan pun dapat diperoleh dengan menggunakan pupuk Super Tani baik dari segi biaya, produksi, maupun tenaga. Dengan keberhasilan ini, Kementerian Pertanian Republik Indonesia memasukkan pupuk Super Tani sebagai produksi terbaik kategori pupuk an-organik.

Suatu kebanggaan yang luar biasa, berkat tangan dingin, kemampuan dan kerja keras dari sosok prajurit TNI Angkatan Darat, lahir suatu penemuan yang sangat membantu petani dalam mengatasi kelangkaan pupuk. Dan yang lebih membanggakan lagi, berkat penemuan ini hasil panen para petani pun jauh meningkat. Apresiasi yang tinggi patut kita sematkan dipundak prajurit TNI AD ini. (B.S. Bangun)

Sumber : http://www.kompasiana.com