You are here: Home BERITA Penghargaan : Kisah Hidup Kapten Cpl. Andi Undru Difilmkan

Penghargaan : Kisah Hidup Kapten Cpl. Andi Undru Difilmkan

PDFPrint

JAKARTA (SK) – Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) memberi penghargaan terhadap Kapten Cpl Andi Undru, karena dinilai peduli terhadap ketahanan pangan. Bekerja sama Persatuan Karyawan Film dan Televisi (KFT), SPRI akan membuat film dokumenter tentang sang kapten yang berhasil menemukan formula pembuatan pupuk.

Ketua Umum SPRI Hence Mandagi, di Jakarta, Senin (10/8) mengemukakan, dipilihnya Kapten TNI Andi Undru karena dinilai memiliki pribadi yang unik. “Sebagai anggota TNI yang terbiasa pegang senjata, bahkan ahli merakit bom, Andi Undru malah membuat formula pembuatan pupuk,” ujarnya.

Melalui usahanya itu, lanjut Hence Mandagi, Andi Undru mampu mengatasi kelangkaan pupuk di wilayah Sulawesi Selatan. Keberhasilan itulah yang mendorong SPRI membuat film dokumenter Andi Undru, prajurit yang bertugas di Kodam VII Wirabuana tersebut.

Hence menjelaskan, Kapten Andi Undru adalah seorang prajurit TNI yang merasa prihatin melihat para petani di lingkungannya sulit memperoleh pupuk. Setelah ditelusuri, ternyata pupuk ada tapi berada di tangan tenkulak. Sehingga begitu jatuh ke tangan petani, harganya menjadi mahal.

Berlatar belakang keprihatinan itu, Andi Undru mulai mempelajari komposisi pupuk, sampai akhirnya menemukan formula pupuk yang bagus. Pupuk buatannya itu diberi nama Super Tani, karena mampu menghasilkan panen yang berlipat ganda.

Selain penghargaan, bekerja sama dengan KFT direncanakan pula membuat film dokumenter. Pembuatan film atas biaya KFT. Proses pembuatan film rencananya akan memakan waktu selama 6 bulan.

“Jika ternyata bagus, tak menutup kemungkinan kisah Andi Undru akan dibuat menjadi film layar lebar,” ucap Ketua KFT Febriyan Aditya.

Sumber : http://www.suarakarya.id/