You are here: Home BERITA Temukan Pupuk, Prajurit Kodam VII/Wirabuana Dapat Penghargaan dari SPRI dan KFT Indonesia

Temukan Pupuk, Prajurit Kodam VII/Wirabuana Dapat Penghargaan dari SPRI dan KFT Indonesia

PDFPrint

Jakarta - Salah seorang prajurit TNI anggota Kodam VII/Wirabuana, Kapten Cpl. Andi Undru menemukan formula untuk memerangi kelangkaan pupuk di tanah air. Penemuan pupuk ini berawal dari maraknya peredaran pupuk ilegal di pasaran juga terbatasnya kemampuan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan petani di Sulawesi Selatan.

Dari temuan pupuk ilegal itulah, Kapten Cpl. Andi Undru melakukan penelitian kandungan formula pupuk tersebut dengan dibantu sejumlah petugas dari Dinas Pertanian setempat. Berawal dari situlah, ia lalu mendalami pengetahuannya mengenai formula pupuk dan akhirnya menemukan racikan formula pupuk terbaik yang dinamakannya sebagai Pupuk Super Tani.

Dalam siaran persnya Senin 10 Agustus 2015 di Jakarta, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Hence Mandagi mengatakan "Di Tengah keprihatinan bangsa ini, SPRI menemukan sosok prajurit TNI Angkatan Darat yang sehari-harinya berdinas di Kodam VII/Wirabuana, Andi Undru yang berhasil membantu  para petani di daerahnya Sulawesi Selatan dengan temuan formula pupuk racikannya. Ia sosok inspirator yang ikut berperan aktif mengatasi kelangkaan pupuk," ungkap Hence Mandagi.

Dampak positifnya, lanjut Hence hasil panen lahan pertanian di sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan sebagian besar mengalami peningkatan dengan menggunakan pupuk Super Tani, sementara dibandingkan dengan daerah lain yang justeru mengalami penurunan.

Sementara itu, Ketua Persatuan Karyawan Film dan Televisi Republik Indonesia (KFT) Febryan Adhitya,S.E.,M.Sn. rencananya juga akan membuat film dokumenter mengenai historikal temuan formula pupuk yg sangat membantu peningkatan kesejahteraan petani tersebut. " Rencananya kita akan garap film ini pada awal September mendatang,"kata Ketua umum KFT Febryan Adithya.

Febryan menjelaskan pihaknya akan membentuk tim untuk membuat film dokumenter tersebut. Sedangkan dana pembuatan film ini berasal dari swadaya lembaga yang dipimpinnya.

Pemberian penghargaan kepada Kapten Cpl Andi Undru sebagai Formulator Super Tani akan dilakukan di Yogyakarta pada tanggal 23 Agustus 2015 mendatang dalam rangka HUT Ke-70 Kemerdekaan RI.

"Hari ini segera kita kirim surat ke Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk meminta izin kepada yang bersangkutan untuk menerima penghargaan. Karena waktu itu beliaulah KSADnya yang menyelenggarakan program itu untuk membantu pemerintah dalam rangka program ketahanan pangan dan swasembada Nasioanl," pungkas Hence Mandagi.

Sumber :  http://www.sindotrijaya.com/