You are here: Home OPINI Refleksi Prajurit Menembus Belantara

Refleksi Prajurit Menembus Belantara

PDFPrint

REFLEKSI  PRAJURIT  MENEMBUS  BELANTARA


A. SEKAPUR SIRIH

Perjuangan seseorang untuk mencapai suatu yang lebih baik ldan bermanfaat untuk kepentingan orang banyak menggerakan hati Sang Prajurit untuk melakukan perubahan terhadap diri dan lingkungannnya. Karena karyanya Prajurit itu menerima Penghargaan dari Pemerintah Tahun 2009.

Sang Prajurit itu dilahirkan dalam sebuah keluarga disiplin, Seiring dengan waktu proses ini berlangsung secara hirarkis dalam hidupnya. Pahit getir, silih berganti namun tetap teguh dalam sebuah keyakinan, bahwa suatu masa akan mampu menunjukkan eksistensinya. Ia memiliki rasa kepedulian yang sangat peka terhadap fenomena yang terjadi sehingga dalam benak dan fikirannya yang didukung kecerdasannya membuatnya melangkah tanpa keraguan melawan segala rintangan.
" Hidup merupakan tantangan dan harapan. Memiliki banyak harapan tentunya banyak halangan dan rintangan sebagai pelengkap untuk mencapai harapan dan cita-cita. Banyak yang beranggapan kalau hidup penuh dengan cobaan berarti Tuhan tidak sayang dengan mereka, tetapi hidup kalau tidak di hiasi dengan cobaan dan ujian rasanya hidup ini jadi terasa biasa-biasa saja, tidak berwarna, dan tidak berkesan. Kalau hidup di ibaratkan seperti selembar kertas putih tentu akan sangat indah bila di warnai dengan warna biru (keceriaan), pink (cinta), abu-abu (cobaan) ". Demikian ungkapan yang selalu diutarakan sang Prajurit.

Rintangan dan halangan yang datang dalam hidup kita jangan pernah di jadikan sebagai suatu batu penghalang untuk kita dalam mencapai suatu tujuan. Karena banyak orang-orang yang langsung berputus asa bila dihadapkan dengan suatu kegagalan. Justru kita harus menjadikan kegagalan sebagai suatu batu loncatan untuk kita bangkit, karena ada pepatah yang mengatakan jika gagal yang ke tiga kali maka bangkitlah untuk yang ke empat kali. Ungkapan ini bisa kita jadikan sebagai pegangan untuk penyemangat kita dalam melakukan berbagai hal.

Jangan pernah ragu untuk mencoba berbagai hal di dunia ini, selama hal tersebut adalah posotif. Banyak hal yang bisa kita lakukan jangan hanya terpaku pada satu titik, tidak ada salahnya mencoba banyak hal. Dan yang terpenting adalah jangan pernah takut dengan yang namanya kegagalan. Banyak orang bilang pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup, oleh karena itu carilah pengalaman yang berharga sebanyak-banyaknya. Dengan banyak pengalaman tentunya telah banyak pula alur cerita yang kita lewati dalam hidup kita. Pengalaman kita nantinya mungkin bisa menjadi pelajaran berharga bagi anak cucu kita di masa depan.

Hidup ini suatu pilihan, mana yang mau kita ambil baik atau buruknya? Pertanyaan ini yang bisa menjawab tentunya diri kita sendiri. Kita yang menjalani tentunya kita tahu apa yang kita mau. Tentunya masing-masing orang mempunyai pribadi yang berbeda-beda. Ada orang yang tahu apa yang dia mau tapi tidak berusaha untuk mencapai kemauannya, ada orang yang tidak tahu apa yang dia mau tetapi punya kemauan untuk berusaha mengetahui dan mencapai keinginannya, namun ada juga orang yang tidak tahu apa yang dia mau dan tidak mau berusaha mengetahui apa yang dia mau apalagi mencapai apa yang dia mau. Sekarang tinggal bagaimana kita memamfaatkan kemampuan diri kita

Semua orang pasti ingin menjadi orang yang sukses dalam karir dan kehidupan pribadi baik dengan sesama manusia maupun hubungan pribadinya dengan Tuhan. Namun untuk mencapainya tentun tidaklah semudah apa yang di bayangkan di butuhkan usaha dan pengorbanan. Upaya yang kita lakukan juga akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan DOA. Karena doa adalah cara yang paling ampuh dalam menjalankan atau melakukan sesuatu. Kekuatan doa tidak diragukan lagi. Dan yang terpenting adalah jangan pernah takut akan kegagalan.

Jangan pernah kalah dengan yang namanya kegagalan karena kegagalan adalah awal dari suatu keberhasilan. Dan rangkailah mimpi setinggi langit dan cobalah untuk mewujudkan satu persatu dari mimpi-mimpi itu. Karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, semua hal bisa terjadi, yang tidak mungkin dapat menjadi mungkin. Maka jangan pernah takut untuk membangun sebuah harapan, jangan pernah merasa tidak mungkin untuk meraihnya, karena hidup adalah perjuangan.

B. SEPAK TERJANG SANG PRAJURIT

Barangkali pembaca diliputi rasa penasaran, Prajurit itu tak lain adalah sosok yang sampai sekarang ini masih aktif dalam militer. Dia adalah Kapten ANDI UNDRU. Dalam usianya yang relatif muda terbilang sukses. Dikalangan militer ia tak asing lagi demikian juga di lingkungan masyarakat di mana ia bertugas. Dalam kesibukannya sebagai aparat negara ia masih menyempatkan diri mengenyam ilmu di sebuah perguruan tinggi untuk  meraih Starata Dua (S2).

Peran tentara sebagai penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa; dalam jiwa ANDI UNDRU adalah sebuah harga mati. Namun ternyata bukan hanya itu, melainkan bagaimana seorang prajurit mampu melawan kesenjangan yang terjadi melanda bangsa dan negara. Menurutnya, jika kesenjangan ekonomi seperti kemiskinan yang melanda suatu bangsa maka dapat mempengaruhi stabilitas negara.

C. PUPUK SUPER TANI

Beranjak dari pandangan di atas, ANDI UNDRU dengan jiwa kemiliteran yang dimiliki ingin mengabdikan hidupnya yang dapat menyentuh langsung dengan rakyat. Indonesia sebagai Negara agraris mayoritas masyarakatnya adalah petani membuatnya berfikir Dengan kemampuan meracik dan memformulasikan berbagai bahan ANDI UNDRU berhasil menciptakan sebuah KARYA BESAR yang disebut PUPUK SUPER TANI.  Pupuk ini merupakan jenis pupuk an-organik yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan tanaman baik tanaman pangan holtikultura maupun tanaman jangka panjang lainnya.

Pupuk SUPER TANI buah karya SANG PRAJURIT di bawah naungan CV RESKI SURYA PRIMA telah memiliki 11 (sebelas)  legalitas antara lain ;

  1. Izin Departemen Pertanian RI (DEPTAN RI) Nomor: P.424/DEPTAN-PPI/III/2008
  2. Sertifikat merek “SUPER TANI” dari Departemen Hukum & HAM, Nomor: IDM000217540
  3. Akta Notaris Ishak,SH, Nomor :04,Tanggal 05 Maret 2010 Masuk Sebagai Persero dan Keluar dari Perseroan serta Perubahan Anggaran Dasar CV.Reski Surya Prima
  4. NPWP CV Reski Surya Prima dari Direktorat Jenderal Pajak, Nomor : 02.687.232.5-808.000
  5. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dari Kantor Pelayanan Perizinan Satu Atap,Nomor : 510/18/I/SIUP/SINTAP
  6. Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dari Dinas Perdagangan & Penanaman Modal, Nomor : 608/142/III/SIUP-CV/UPTP/2013
  7. Tanda daftar Industri (TDI) dari Kantor Pelayanan Perizinan Satu Atap, Nomor : 606/09/TDI/III/UPTP/2013
  8. Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dari Kantor Pelayanan Perizinan Satu Atap, Nomor : 606/171/III/TDP-CV/UPTP/2013
  9. Izin Usaha Industri (IUI) dari Kantor Pelayanan Perizinan Satu Atap, Nomor : 606/09/IUI/III/UPTP/2013.
  10. Hasil analisis Departement  of  Agriculture   Agency  for  Agricultural   Research and Development Laboratory  of Assesment Institute for Agriculture Technology South Sulawesi Nomor Lab: SP 098 P/L-BPTP/IX/2007.
  11. Surat Izin Gangguan dari Dinas Perindustrian & Perdagangan, Nomor : 510/0296/IG/III/PERINDAG/2013

Kehadiran pupuk Super Tani buah karya SANG PRAJURIT telah dibuktikan oleh para petani melalui hasil demplot dan penggunanaannya dilakukan beberapa musim oleh para petani, baik pada tanaman pangan, palawija, tanaman keras maupun tambak.

D. SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN PUPUK SUPER TANI

Dalam upaya menembus belantara ANDI UNDRU dengan jiwa militer yang dimiliki mengedapankan kedisiplinan, ia tak pernah surut  dan selalu berjiwa besar dalam menghadapi segala rintangan. Selaras dengan mottonya “ Aku Takkan Pernah Berhenti untuk Menggapai Sukses Tertinggi “
Berikut refleksi perjalan pupuk SUPER TANI
1.  Tahun 1998 - 2000
Proses produksi pupuk An-Organik Super Tani sudah dilakukan.
2.  Tahun 2001 - 2002
Melakukan sosialisasi ( memperkenalkan), penjualan dengan melakukan demplot-demplot skala lokal Kabupaten Bone. Pada tahun itu juga, produk pupuk An-Organik Super Tani mulai merambah pasaran ke beberapa daerah yang ada di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara. Beberapa kota mulai digarap seperti: Mamuju, Palu, Manado, Gorontalo, Luwuk Banggai, dan Kendari.
3.  Tahun 2003
Setelah Pangsa Pasar mulai terbentuk dibeberapa daerah, Uji Analisis Untuk menyempurnakan komposisi Pupuk An-Organik Super Tani, dilakukan ditingkat Provinsi/Pusat. .Uji Efektivitas melalui Demplot bertahap di Balitro Bogor hingga terbit izin Deptan 2008.sembari menunggu hasil Uji Efektivitas, perjualan terus digalakkan hingga masuk ke Link Pemerintah.
4.  Tahun 2007-2008
Mencermati kondisi pasar dan responsif konsumen terhadap penggunaan pupuk An-Organik Super Tani, maka pihak produsen. Mendirikan perusahaan, CV. Reski Surya Prima pada tahun 2007 melalui Uji Efektivitas di Balitro Bogor, pada tahun 2008 izin Deptan RI. Kemudian dikeluarkan oleh pemerintah pusat.
5.  Tahun 2009-2010
Satu tahun kemudian, hak pemerekan dari Deptan RI diterbitkan Sebagai hak paten pupuk An-Organik Super Tani. Di tahun 2009 pupuk An-Organik Super Tani telah mendapatkan beberapa rekomendasi dari pemerintah; diantaranya:

  1. Rekomendasi dari pemerintah daerah provinsi Sulawesi Tengah (tanggal 23 Januari 2009).
  2. Rekomendasi dari pemerintah Kabupaten Sinjai (tanggal 15 Oktober 2009).
  3. Rekomendasi dari pemerintah Kabupaten Luwu Utara (tanggal 8 Februari 2010).
  4. Rekomendasi dari pemerintah Kabupaten Bone (tanggal 30 Maret 2010)
  5. Rekomendasi dari pemerintah Kota Palopo (tanggal 18 Mei 2010).

Selain rekomendasi, CV Reski Surya Prima mendapatkan surat penunjukan untuk bekerjasama dalam program SLPTT dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Bone (tanggal 23 April 2009). Produk pupuk An-Organik Super Tani mulai berkompetisi dalam proyek-proyek besar yang dilaksanakan oleh pemerintah, baik tingkat Kabupaten, Provinsi, maupun pusat salah satu hasil uji efektivitas Balitero Bogor terdapat 14 jenis komoditi tanaman yang diuji cobakan yang memiliki kualitas terbaik dalam hal peningkatan produksi hingga 30% dari menekan cost produksi hingga 40%
6.  Tahun 2009,
Pupuk An-Organik Super Tani mendapat penghargaan dari Deptan RI dengan menjadikan produk ini sebagai cover depan penerbitan buku Direktori Perusahaan dan Industri Sektor Pertanian dan Ibu Kota Kabupaten Bone dinobatkan sebagai Ibu Kota kabupaten terpilih.
7.  Tahun 2011
Melaksanakan kegiatan promosi hampir disemua kabupaten yang ada di Sulawesi, dengan pemberian Door Prize berupa motor, hand tracktor, hellycopter remot, TV, lemari es, dll. Door prize dalam promo Mega Bonus ini tekaitan dengan momentum Panen Raya yang menggunakan Pupuk An-Organik Super Tani, momentum itu di hadiri langsung oleh Mentri Pertanian,Gubernur Sulsel Kadis Pertanian Provinsi, Bupati,Kadis Pertanian kabupaten dan para penyuluh di beberapa daerah .
8.  Tahun 2012
Produk pupuk An-Organik Super Tani mulai masuk ke proyek perusahaan swasta, dalam Skala Nasional seperti :Perkebunan teh di Bandung, sawit di Mamuju, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara,dan Sulawesi Tengah, Tembakau di Mataram, Perkebunan Tebu di Sulawesi Selatan, Apel di Malang (Jawa Timur), Bawang Merah di Jawa Tengah.
9.  Tahun 2013
Konsentrasi pengembangan dan pembinaan yang disertai pemberian Door Prize, kepada pelaksana lapangan dan petani berupa Mobil, Motor, dan Hadiah kecil lainnya. Bekerja sama dengan PT. Astra, PT. Unggul, PT. Mamuang,PT. Pasang Kayu.
10.Akhir Tahun 2013
Bantuan Produk Pupuk An-Organik Super Tani mendukung komitmen para kandidat Balon (Bakal Calon) Bupati termasuk Caleg untuk meningkatkan kesejahteraan petani diantaranya Kab. Bone, Kab. Wajo, Kab. Luwu, Kab. Pinrang, Kab. Luwu Raya, Kolaka Utara, dan Kolaka. 
11.Tahun 2014
Realisasi Kontrak kerjasama dengan beberapa perusahaan, seperti Forum Petani Sawit Riau, CV. Teknik Energy Selebes, keduanya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang Saprodi ( pupuk kelapa sawit ) yang ada di Riau dan Sultra.  Melakukan kerjasama dengan Lembaga Missi Reclaseering Republik Indonesia ( LMR-RI ) tingkat Presidium Pusat (Prespus), Konwil dan Komda se-Indonesia untuk mendongkrak pangsa pasar nasional dan Internasional termasuk Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ( HKTI ). Menjalin kerjasama dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan kabupaten Bone selama 5 tahun untuk mendukung program Pemprov Sulawesi Selatan menjadikan kabupaten Bone sebagai surplus komoditi. Perencanaan selanjutnya membangun kerjasama dengan pemerintah baik di tingkat pusat, provinsi maupun daerah.

Kapasitasnya sebagai FORMULATOR pupuk SUPER TANI, Sang PRAJURIT ANDI UNDRU kini telah meraih impiannya dalam mengaplikasikan cipta, rasa, dan karsanya demi kepentingan masyarakat bangsa dan Negara.
Demikian sepak terjang SANG PRAJURIT yang dapat dijadikan sebagai bahan motivasi bagi kita semua.

MOTTO SUPER TANI
YOUR ROAD TO  SUCCESS
MEMBANGUN KEBERSAMAAN MENUJU KEBERHASILAN