You are here: Home CITRA BUANA Citra Buana : Kegelisahan Berujung Penemuan Besar

Citra Buana : Kegelisahan Berujung Penemuan Besar

PDFPrint

Sebagai seorang prejurit TNI AD yang selalu punya motivasi dan dorongan untuk mengabdikan diri kepada kebangsaannya, Kapten Cpl Andi Undru, S.Sos. senantiasa berusaha mencari sesuatu yang dapat bermanfaat untuk diri dan masyarakatnya. Putra kelahiran Sengkang, 6 September 1974 ini terus berpikir untuk membantu masyarakat disekitarnya yang hidup sebagai petani.

Obsesinya membantu para petani mulai menemukan titik terang ketika ia berhasil menemukan formula racikan berbagai bahan menjadi pupuk. Formulasi pupuk yang merupakan karya besarnya itu ia beri nama “Pupuk Super Tani”. Pupuk ini merupakan  jenis pupuk an-organik yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan  tanaman, baik tanaman pangan holtikultura maupun tanaman jangka panjang.

“Hidup merupakan tantangan dan harapan. Memiliki banyak harapan tentunya banyak halangan dan rintangan sebagai pelengkap untuk mencapai harapan dan cita-cita. Banyak yang beranggapan kalau hidup penuh dengan cobaan berarti Tuhan tidak sayang dengan mereka, tetapi kalau hidup tidak dihiasi dengan cobaan dan ujian rasanya hidup ini jadi terasa biasa-biasa saja, tidak berwarna, dan tidak berkesan. Kalau hidup diibaratkan sebagai selembar kertas putih tentu akan sangat indah bila diwarnai dengan warna biru (keceriaan), pink (cinta), dan abu-abu (cobaan),” Kata Pasi Har Denpal 07-12-05 ini.

Seiring dengan dikenalnya pupuk anorganik hasil temuannya, pada 2007/2008 Andi Unru kemmudian mendirikan perusahaan bernama CV Reski Surya Prima. Pada 2007 pupuk Super Tani melalui uji efektivitas di Balitro Bogor. Hasil ujinya mengantarkan keluarnya izin Deptan RI pada tahun itu juga.

Perkembangannya terus mengalami  kemajuan. Pada 2009 Departemen Pertanian mengeluarkan pemekaran sebagai hak paten pupuk anorganik Super Tani.

Pupuk an-organis Super Tani telah mendapatkan beberapa rekomendasi dari pemerintah daerah, yaitu : Pemprov Sulteng (2009), Pemkab Sinjai (2009), Pemkab Lutra, Bone, dan Pemkot Palopo(2010).

Pada 2012 pupuk Super Tani mulai masuk ke proyek perusahaan swasta dalam skala nasional. Seperti perkebunan teh di Bandung, sawit di Mamuju, Sulbar, dan Sulteng, perkebunan temkau di Mataram, perkebunan tebu di Sulsel, perkebunan apel di Malang, dan perkebunan bawang merah di Jateng.

Seiring semakin populernya pupu Super Tani, CV Reski Surya Prima sebagai produsen Pupuk Super Tani milik Andi Undru yang berbasis di Bone, memproyeksikan permintaan pasar pada 2014 sebanyak 200 ton. Pada 2016 permintaan itu diperkirakan meningkat menjadi 600 ton dan pada 2018 ia menargetkan 1.000 ton.

Andi Undru adalah sosok prajurit yang tidak kenal menyerah dalam menghadapi rintangan. “Rintangan dan halangan yang datang dalam hidup kita jangan pernah dijadikan sebagai suatu batu penghalang dalam ingin mencapai sebuah tujuan. Karena banyak orang-orang yang langsung berputus asa bila dihadapkan dengan suatu kegagalan. Justru kita harus menjadikan kegagalan tersebut sebagai suatu batu loncatan untuk kita bangkit. Ada pepatah yan mengatakan, jika gagal yang ketiga kali, maka bangkitlah untuk yang keempat kali. Ungkapan ini bisa kita jadikan sebagai pangan untuk penyemangat kita untuk melakukan berbagai hal” paparnya penuh optimis.

Baginya,  hidup ini adalah pilihan. “Mana yang mau kita ambil, baik atau buruknya,?” ujar Andi Udnru. Yang bisa menjawab pertanyaan ini, katanya, tentunya diri kita sendiri. “Kita yang menjalani tentunya kita tahu apa yang kita mau.Masing-masing orang tentu mempunyai pribadi yang berbeda-beda. Ada orang yang tahu apa yang dia mau, tapi tidak berusaha untuk mencapai kemauannya. Ada orang yang tidak tahu apa yang dia mau, tetapi punya kemauan untuk berusaha mengetahui dan mencapai keinginannya. Namun ada juga orang yang tidak tahu apa yang dia mau dan dia tidak mau berusaha untuk mengetahui apa yang dia mau apalagi mencapai apa yang dia mau,” Tegasnya.

Sumber : Citra Buana